Menjadi pilot adalah impian setiap laki-laki; setidaknya itulah pendapatku ...
Sebagai pilot tentu mempunyai suka dan duka...... tapi kebanyakan sih sukanya...
Banyak diantara kita yang masih kurang paham mengenai istilah PILOT.

(Dulu istilah pilot hanya dipakai untuk penerbang; tapi saat ini pengertian pilot sudah berbeda)

PILOT adalah seseorang yang menjalankan mesin baik itu kendaraan darat laut dan udara, misalnya: supir bis adalah pilotnya; sedangkan keneknya adalah kopilotnya.

COPILOT adalah seseorang yang membantu tugas seorang pilot dalam menjalankan mesin.

Sedangkan kepangkatan dalam dunia penerbangan (sipil) adalah:

CAPTAIN adalah komandan dari pesawat tersebut; Chief de Mission.

FIRST OFFICER  adalah wakil dari Captain yang akan mengambil alih tugas captain apabila captain tidak dapat menjalankan tugasnya.Jadi apabila First Officer yang menjalankan pesawat/mesin; maka dia adalah Pilot nya. sedangkan Captain adalah Copilotnya.

Demikian sebaliknya apabila Captain yang terbang maka dia adalah pilotnya dan dia juga komandan pesawat sedangkan first Officer adalah Copilotnya.

Jenjang karir seorang penerbang sipil di suatu A irline biasanya dimulai sebagai First Officer (F/O) di pesawat kecil dalam perusahaan tersebut. Kemudian naik ke pesawat yang lebih besar, masih sebagai F/O dan seterusnya. Kemudian mendapat promosi sebagai Captain di pesawat kecil; selanjutnya sebagai Captain ke pesawat yang lebih besar demikian seterusnya.

Sebagai penerbang sipil biasanya kita tidak mengenal hari, jadi kerja penerbang tidak sama seperti pegawai kantor/darat, karena sebagai penerbang kita tetap bekerja walaupun hari minggu/besar apabila kita mendapat tugas/jadwal terbang maka kita harus menjalankannya. Walaupun begitu, sebagai seorang pilot hampir tidak pernah ada yang mengatakan bosan terbang....

Bayangkan bisa terbang seperti burung.... makanya tidak jarang pesawat udara disebut juga si " Burung Besi". Namanya saja burung besi pasti berat..... tapi bisa terbang... luar biasa.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini untuk pesawat komersil/penumpang yang terbesar saat ini adalah Airbus A-380; pesawat ini lebih besar dari Jumbo Boeing 747-400 yang dimiliki oleh maskapai Nasional Garuda Indonesia yang saat ini saya terbangkan.

Pesawat Boeing 747-400 mempunyai daya angkut 397 Ton (397,000 Kg); kapasitas tangki bahan bakar: 170 Ton (170,000 kg); kapasitas penumpang: 500 orang; Crew 22 orang (4 cockpit/18 cabin).

Itu baru Boeing 747-400 belum Airbus A-380 yang tentunya lebih besar lagi.

Saya sendiri masih kagum tentang kehebatan teknologi masa kini terutama dalam dunia kedirgantaraan. Kemajuannya sangat pesat sekali. Dengan kecepatan pesawat yang semakin cepat maka jarak antara dua kota/negara jadi sangat dekat. Contoh, dulu kalau orang mau menunaikan ibadah Haji harus naik kapal laut. yang memakan waktu hampir 1 bulan perjalanan nah dengan adanya pesawat udara perjalanan itu bisa ditempuh dalam waktu 9 jam saja !!!
Luar biasa bukan ?

Banyak hal yang mengasyikan dalam dunia penerbangan seperti:

 

* Yang terpenting : Penghasilan yang tinggi. (untuk ini dituntut tanggung jawab yg tinggi juga)

 

* Bisa travelling (gratis/bawa pesawat sendiri) kemana-mana bahkan ke seluruh dunia.

 

* Untuk keluarga jangan takut , juga dapat fasilitas ticket gratis.

 

* Dan banyak lagi hal-hal yang menarik dan penuh tantangan lainnya.

Dunia penerbangan sekarang sudah banyak mengalami perubahan:

 

* Tidak dibatasi gender; jadi baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kesempatan yang sama.

 

* Usia minimum 18 tahun untuk Commercial Pilot.

 

* Minimun pendidikan SMU/SMA/STM dan yang sederajat.

 

* Pesawat yang semakin modern dan aman.

 

* System Navigasi yang semakin canggih (satelite navigation; INS/IRS/GPS)

 

* Bandara udara yang modern dengan Radar Control.

Tahukah anda; Mengapa menjadi PILOT?

Menjadi pilot seperti melakukan "quantum leap" karena dalam waktu yang singkat anda dapat mewujudkan impian anda. Hubungannya dengan waktu pendidikan yang sangat singkat dibandingkan dengan pendidikan kesarjanaan lainnya; Bayangkan, hanya dalam waktu 8-12 bulan anda sudah dapat mendapatkan License CPL-IR (Commercial Pilot License with Instrument Rating) yang dibutuhkan bagi penerbang untuk menerbangkan pesawat komersil di maskapai penerbangan.


Disamping itu dunia penerbangan saat ini boleh dibilang sangat-sangat membutuhkan pilot, ini bukan hanya di Indonesia tetapi diseluruh dunia. Pertambahan pilot sangatlah minim dibandingkan dengan pertambahan sarjana ekonomi maupun dokter dan disiplin ilmu yang lain.

Menjadi PILOT gampang-gampang susah; yang penting kesadaran kita untuk bisa menjaga kesehatan dari usia dini tentunya. Kesadaran berperi laku sehat: tidak merokok (misalnya), anda semua pasti tahu akan bahaya merokok. Ber olah-raga dengan teratur; apalagi di era sekarang dimana banyak terdapat "fitness center" sekolah yang mempunyai fasilitas gymnasium..... wow tidak seperti jadul.

Untuk menjadi penerbang menjaga indera mata kita sangat penting; tapi jangan kuatir bagi anda yang menggunakan kacamata bukan berarti anda tidak bisa menjadi penerbang; technology kedokteran juga sudah maju banyak cara untuk dapat memperbaiki penglihatan kita.

Jadi yang terpenting disini adalah bagaimana kita menjaga kesehatan kita supaya pada saatnya nanti kita tetap fit. Cita cita yang kuat akan membantu mewujudkan kita untuk mewujudkan impian kita….. menerbangkan si Burung Besi.

Semula anak-anak saya tidak ada yang tertarik untuk mengikuti jejak saya menjadi penerbang, tapi beberapa tahun belakangan ini sewaktu anak saya yang kedua mengikuti upacara Purnabakti salah satu teman penerbang senior maka dia tertarik dan mengungkapkannya kepada ibunya kira2 masih bisa tidak untuk menjadi pilot (karena dia sendiri saat itu sudah bekerja), dan akhirnya dia mengikuti sekolah terbang di Filiphina; dan sekarang sudah bekerja menjadi Penerbang di salah satu maskapai penerbangan di Jakarta.

Disusul anak kami yang Pertama yang ternyata tertarik juga untuk mengikuti jejak adiknya, mudah2an dalam tahun ini (2010) ia dapat memulai sekolah terbangnya, juga di Filipina. Sementara anak kami yang ke 4 (perempuan) yang saat ini menjadi pramugari di maskapai penerbangan nasional tempat saya bekerja, sudah pula menyatakan minatnya untuk menjadi penerbang. Moga2 ia dapat mengikuti jejak kedua kakaknya.

Sedangkan anak kami yang ke 3 masih kuliah di UPH Universitas Pelita Harapan, mengambil jurusan Journalistic dan Broadcasting.

Saya sangat bersyukur karena pada akhirnya banyak juga anak2 saya yang berminat untuk meneruskan karier saya sebagai penerbang.

Semoga dengan sedikit ceritera ceritera dari saya ini dapat membangkitkan semangat kedirgantaraan dari anda2 semua.

Dan apabila anda membutuhkan informasi yang lebih rinci lagi jangan segan segan untuk menghubungi salah satu dari kami.

 

Bersama putera kedua dan ketiga dan Isteriku tercinta

 

*** THE SKY IS A VAST BUT THERE IS NO TIME FOR ERROR ***

*** MERRY ME FLIGHT FOR FREE ***